Cara Membuat Blog, template blogger, tips and trick, berita, games, software downloads, widgets blog, firman webs

Pentingnya Karbohidrat atau Hidrat Arang Pada Tubuh



Karbohidrat atau Hidrat Arang biasanya disebut zat tepung. Sebagian besar tenaga kita berasal dari zat tepung atau hidrat arang. Hidrat arang atau zat tepung memberi kita rasa kenyang. Tidak heran kalau pekerja berat makan nasinya juga banyak. Zat tepung berasal dari padi, terigu, sayur jagung, ubi jalar, singkong, sagu, kentang, dan talas. Zat tepung seluruhnya berasal dari tumbuh-tumbuhan. 

Karbohidrat atau Hidrat Arang atau disebut juga zat tepung merupakan makanan pokok manusia. Di indonesia makanan pokok kita sebagian besar adalah nasi, yang berasal dari tumbuhan padi. Di indonesia bagian timur sebagian dari penduduk kita makan sagu dan jagung. Di negara barat orang makan roti yang terbuat dari terigu yang berasal dari gandum. Ciri-ciri khas dari karbohidrat, menyebabkan rasa kenyang dan membuat tubuh memiliki tenaga. 
Karbohidrat dibagi dalam dua kelompok, yaitu Karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat Sederhana yang disebut juga monosakarida terdiri dari glukosa, fruktosa, dan galaktosa. Unsur ini sangat sedikit terdapat dalam bahan makanan sehari-hari. Namun jika monosakarida-monosakarida bergabung membentuk disakarida, barulah terdapat banyak dalam bahan makanan. Seperti misalnya sukrosa, maltosa dan laktosa. Sehari-hari, sukrosa dikenal sebagai gula pasir. Karbohidrat sederhana lazimnya dikenal sebagai gula. Dari tumbuhan-tumbuhan antara lain gula bit. gula pasir/gula tebu, gula merah, gula jagung, dan rasa manis pada buah-buahan. Sedangkan dari hewan misalnya madu. Karbohidrat Kompleks disebut juga poli sakarida. Sehari-hari disebut juga zat tepung yang dapat dijumpai dalam bahan makanan pokok seperti beras, jagung, gandum, sagu, kentang, ubi dan talas. Sedangkan serat merupakan jenis karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna tubuh, sehingga tidak memberikan energi bagi tubuh. Serat sangat penting bagi kesehatan karena melancarkan proses dalam saluran pencernaan makanan. Untuk memenuhi keperluan tersebut maka dalam satu hari kita makan tiga kali.

0 Response to "Pentingnya Karbohidrat atau Hidrat Arang Pada Tubuh"

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Pentingnya Karbohidrat atau Hidrat Arang Pada Tubuh" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode