Cara Membuat Blog, template blogger, tips and trick, berita, games, software downloads, widgets blog, firman webs

Fungsi Lemak Pada Tubuh Manusia

Fungsi Lemak Pada Tubuh Manusia - Lemak merupakan “bensin” pada tubuh manusia. Lemak seperti juga zat tepung merupakan sumber tenaga bagi tubuh manusia. Akan tetapi, kelebihan lemak juga berbahaya. Lemak yang berasal dari hewan disebut lemak hewani, sedangkan lemak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan disebut lemak nabati. Lemak hewani adalah lemak jenuh, sedangkan lemak nabati adalah lemak tidak jenuh. Disebut lemak jenuh karena lemak ini menjadi beku jika disimpan pada suhu ruangan. Sedangkan lemak tidak jenuh tidak akan membeku dan tetap cair seperti minyak. Seperti telah diuraikan sebelumnya bahwa lemak jenuh mempunyai kecenderungan untuk meninggikan kadar kolesterol dalam darah. Ini berarti kurang baik bagi kesehatan terutama bagi jantung. Jika terlalu banyak makan lemak jenuh, penyakit jantung semakin dekat dengan anda.
Jadi sebaiknya kita makan lemak nabati, lemak nabati berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti kelapa, kacang tanah, santan, buah kenari, minyak jagung, minyak kelapa sawit, minyak kacang. Memang lemak jenuh yang berasal dari daging kambing, daging babi, daging sapi, keju, susu, telur rasanya lebih gurih dan enak. Akan tetapi harus di ingat jangan terlalu sering dan banyak makan makanan tersebut. Kita akan mudah terserang penyakit darah tinggi dan jantung. 
Kegunaan lemak banyak sekali, antara lain: lemak melarutkan vitamin A, D, E, dan K, sehingga vitamin-vitamin tersebut dapat diserap oleh usus. Vitamin tersebut tidak dapat larut dalam air, jadi dibutuhkan lemak agar dapat diserap oleh usus untuk kebutuhan tubuh. Lemak juga berguna untuk melindungi alat-alat tubuh yang halus seperti bantalan untuk melindungi biji mata dan ginjal. Lemak juga menjaga agar tubuh dapat terlindung dari rasa dingin. Lemak juga berguna untuk cadangan tenaga.

0 Response to "Fungsi Lemak Pada Tubuh Manusia"

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Fungsi Lemak Pada Tubuh Manusia" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode