Cara Membuat Blog, template blogger, tips and trick, berita, games, software downloads, widgets blog, firman webs

Kulit Batang Yang Berkhasiat Obat



Kulit Batang Yang Berkhasiat Obat – Setiap tumbuhan pastinya memiliki masing-masing kandungan zat berbeda-beda yang terdapat didalmnya. Bagian-bagian dari tumbuhanpun memiliki manfaat dan kegunaan masing-masing, mulai dari akar, kulit akar, kulit batang, daun, bunga, hingga buah dan bijinya. Dari bagian-bagian tumbuhan tersebut memiliki manfaat dan kegunaannya masing-masing, yang akan saya bahas adalah kegunaan sebagai obat. Berkut yang saya kupas tuntas mulai dari :


Dan berikut ini adalah mengenai kulit batang yang berkhasiat obat:

1. Pule
Di Indonesia tanaman pule banyak sekali tumbuh, terutama di pulau jawa. Kandungan zat yang terdapat pada tanaman pule adalah ditamina, ditaina, akliternina, dan aklitanidina. Kulit cabang pule berkhasiat untuk obat anti malaria dan antipidetika dengan dosiss 0,25 – 0,50 gram.

2. Pulasari
Tanaman pulasari tumbuh diberbagai tempat di indonesia, erutama di lereng gunung pegunungan di jawa. Kandungan zat yang terdapat pada tanaman pulasari adalah alakloida, keumavin, zat pahit dan zat penyamak. Khasiat kulit batang pulasari adalah sebagai obat karminativa dengan dosis sekitar 0,6 – 15 gram.

3. Kayu Manis
Tanaman kayu manis tumbuh diberbagai tempat di indonesia. Kandungan zat yang terdapat pada kulit kayu manis antara lain minyak atsiri, zat penyamak, pati, kalsium oksalat, abu, dan lendir. Khasiat kulit kayu manis adalah untuk mengobati karminativa, penghangat lambung, dan sangat baik untuk menghentikan mencret-mencret.

4. Delima
Di indonesia tanaman delima tumbuh diberbagai tempat. Kandungan zat yang terdapat pada kulit delima adalah alkaloida peletavina dan metelpeletovina. Kulit akar dan kulit batang delima dimanfaatkan untuk membasmi cacing pita.

5. Bratawali
Tanaman bratawali banyak tumbuh diberbagai daerah, terutama di jawa, bali, dan ambon. Kandungan zat yang terdaoat oada kulit bratawaliadalah damar dan alkaloida. Khasiat kulit bratawali untuk obat demam dan sebagai tonikum.

Disamping kulit batang, kulit akar, dan kulit buah pun dapat dimanfaatkan sebagai obat, misalnya kulit akar kapas dan kulit widuri, kulit buah jeruk juga dapat dimanfaatkan. Berikut manfaat dari  kulit akar kapas, kulit widuri, dan kulit buah jeruk:

1. Widuri
Tanaman widuri tumbuh di banyak tempat di negara indonesia. Kandungan zat yang terdapat pada kulit akar widuri adalah damar pahit dan damar asam. Kulit akar widuri digunakan sebagai ekspektonansia dengan dosis sekitar 200 – 600 mg yang diberikan 3x sehari.

2. Kapas
Tanaman kapas tumbuh diberbagai daerah-daerah di indonesia. Disamping daunnya yang berkhasiat untuk obat, kulit akarnya pun juga berkhasiat obat. Kandungan zat yang terdapat pada kulit akar kapas adalah zat damar, betain, fenol dan fitoterol. Khasiat kulit akar kapas adalah untuk obat memperlancar keluarnya haid dan juga berguna untuk penyusupan otot atau urat-urat polos.

3. Kulit Jeruk Nipis dan Jeruk Manis
a. Kulit Jeruk Nipis
Tanaman jeruk nipis sangat banyak tumbuh diberbagai daerah-daerah dan sering kita jumpai. Zat yang terkandung pada kulit jeruk nipis adalah minyak atsiri, damar dan glukosida. Apabila dikumpulkan kemudian dijemur hingga kering dan dihaluskan, kulit jeruk nipis berkhasiat sebagai obat anti septika (mulut dan kerongkongan) dan antitansia.

b. Kulit Jeruk Manis
Tanaman jeruk manis tumbuh diberbagai daerah di indonesia. Kandungan zat yang terdapat pada kulit buah jeruk manis adalah minyak atsiri, glukosida-glukosida hesperidina, isohesperidina, anrantiamarina, dan damar. Kulit buah jeruk manis biasanya dimanfaatkan sebagai bahan pewangi.

0 Response to "Kulit Batang Yang Berkhasiat Obat"

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Kulit Batang Yang Berkhasiat Obat" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode