Cara Membuat Blog, template blogger, tips and trick, berita, games, software downloads, widgets blog, firman webs

Alasan Memakai Narkoba

Alasan Memakai Narkoba
Alasan Memakai Narkoba - Banyak alasan mengapa narkoba disalahgunakan diantaranya agar dapat diterima oleh lingkungan, mengurangi stres, mengurangi kecemasan, agar bebas dari rasa murung, mengurangi keletihan, kejenuhan atau kebosanan, untuk mengatasi masalah pribadi, dll.

Akan teteapi, terlepas dari semua alasan diatas, seseorang memakai narkoba, karena narkoba membuatnya merasa nikmat, enak dan nyaman pada awal pemakaian. Perasaan yang dihasilkan oleh narkoba itulah yang mula-mula dicari pemakai. Mereka tidak melihat akibat buruk penggunaan narkoba. Justru mereka tidak percaya akibat buruk atau bahayanya, sebagaimana dikatakan orang dewasa. Akibat buruk itu baru dirasakan setelah beberapa kali pemakaian, tetapi saat itu telah terjadi kecanduan dan ketergantungan.
Alasan memakai narkoba dapat dikelompokkan sebagai berikut :
  1. Anticipatory beliefs, yaitu anggapan bahwa jika memakai narkoba, orang akan menilai dirinya hebat, dewasa, mengikuti mode, dsb.
  2. Relieving beliefs, yaitu keyakinan bahwa narkoba dapat digunakan untuk mengatasi ketegangan, cemas, dan depresi akibat stresor psikososial.
  3. Facilitative atau permissive beliefs, yaitu anggapan bahwa penggunaan narkoba merupakan gaya hidup atau kebiasaan karena pengaruh zaman atau perubahan nilai sehingga dapat diterima.
Jadi, penggunaan narkoba berawal dari persepsi, anggapan atau keyakinan keliru yang tumbuh dari masyarakat. Mereka tidak mau memahami atau tidak mau menerima kenyataan atau fakta yang dapat dibuktikan secara ilmiah dan sah menurut hukum. Akan tetapi, terlepas dari semua alasan diatas, remaja menyalahgunakan narkoba, karena kepadanya ditawarkan oleh seseorang atau sekelompok teman sebaya, agar mau mencoba memakainya. Penawaran terjadi pada situasi santai pada kehidupan sehari-hari: dikantin sekolah, pulang dari sekolah, dijalan, direstoran, mal, rumah teman, dll. Oleh karena itu, anak dan remaja perlu meningkatkan kewaspadaan mengenai berbagai situasi penawaran dan mengetahui perbedaan antara fakta dengan mitos yang berkembang.

Nah sekarang anda sudah tahu bagaimana bahayanya NARKOBA. Setelah anda mengetahuinya apakah anda masih ingin memakai barang tersebut? Ketahuilah, sehat itu nilai yang sangat mahal harganya bahkan tiada banding. Jangan sia-siakan hidup anda dengan mengonsumsi barang terlarang tersebut karena sama halnya dengan anda bertaruh nyawa. “SAY NO TO DRUGS”

0 Response to "Alasan Memakai Narkoba"

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Alasan Memakai Narkoba" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode