Cara Membuat Blog, template blogger, tips and trick, berita, games, software downloads, widgets blog, firman webs

Hidup Sehat Dengan Makan Sayuran

Hidup Sehat Dengan Makan Sayuran
Hidup Sehat Dengan Makan Sayuran – seperti kata pepatah mengatakan bahwa “sehat itu mahal harganya”. Makna kata itulah yang sering saya ingat untuk memperhatikan kesehatan tubuh agar tetap terjaga. Sehat itu mahal, namun untuk hidup sehat kita tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Hidup sehat dapat kita lakukan secara rutin dengan pola makan yang teratur. Makanan yang kita makan tidak perlu makanan mewah, melainkan makanan yang sederhana saja akan tetapi memiliki banyak kandungan zat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sebagaimana mestinya makanan yang mudah ditemui dimana saja adalah sayuran.
Harga sayuran terbilang cukup murah, bahkan sayuran mudah ditanam dan tidak diperlukan lahan yang luas untuk menanam sayuran. Anda dapat memanfaatkan halaman rumah sebagai tempat untuk menanam sayuran. Anda perlu mengetahui zat-zat sayuran lebih baik, untuk mengetahui zat-zat apa yang terkandung pada jenis sayuran tertentu. Dengan demikian anda dapat menyiapkan makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Seperti yang anda ketahui bahwa tubuh kita ini sangat membutuhkan protein, zat tepung, lemak, mineral. vitamin, dan air. Untuk mengetahui zat-zat apa yang terkandung pada setiap jenis sayuran, berikut silahkan simak:

Jenis kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang kedelai, kacang tanah, kacang jogo, kacang koro, mengandung protein tinggi, lemak, nabati, serat, dan mineral. Kacang panjang dan buncis, kaya akan zat gizi seperti protein, vitamin C, dan mineral zat besi. Kacang panjang dan buncis mengandung serat makanan yang sangat bermanfaat untuk mencegah kanker usus, sembelit dan tekanan darah tinggi.

Paprika: seperti cabai hijau, tetapi bentuknya besar seperti lonceng. Sayuran ini kaya akan vitamin A dan C. Mengandung berbagai zat untuk mencegah penyakit kanker, influenza (pilek) radang tenggorokan dan asma (bengek).

Terung: terung sangat dikenal banyak oleh masyarakat luas, terung mengandung zat gizi juga mengandung bermacam zat yang berkhasiat untuk mencegah kekejangan dan kanker.

Tomat: tomat termasujk tanaman buah. Tomat berkhasiat utnuk mencegah peradangan hati. Disamping itu ada zat pada pada tomat yang berguna untu mencegah kanker.

Kembang kol dan brocoli: perbedaan kembang kol dan brocoli ada pada warna. Brocoli berwarna hijau tua, sedangkan kembang kol berwarna putih. Brocoli dan kembang kol mengandung bermacam zat non-gizi yang berkhasiat untuk mencegah kanker.

Bawang putih: bawang putih mempunyai aroma (bau) khas yang sangat tajam. Aroma ini disebabkan oleh sejenis zat. Menurut penelitian para ahli, zat ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit. bawang putih juga mengandung sejenis mineral yang merupakan pencegahan dan obat kanker. Selain itu, bawang putih juga berkhasiat untuk mencegah alergi, asma, kencing manis, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Kentang: kalau memilih kentang pilihlah yang kulit dan dagingnya berwarna kuning. Kentang kuning mengandung bermacam zat tepung, vitamin A, B, C dan mengandung juga beberapa jenis mineral yang bermanfaat untuk mencegah kanker.

Lobak: lobak mengandung vitamin B, C dan sejenis zat yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan penyakit batu empedu.

Wortel: wortel banyak mengandung vitamin A. Karena itu, wortel sangat baik bagi kesehatan mata. Wortel juga mengandung zat yang berkhasiat sebagai obat penenang dan pencegah kanker.

Jamur: anda mengenal jamur merang, jamur kayu dan jamur hitam. Tahukah anda bawha disamping jamur rasanya enak dan gurih juga banyak mengandung vitamin B kompleks dan zat untuk mencegah infeksi (peradangan) dan kanker, untuk mengobati dan mencegah lumpuh, rematik (encok) dan penyakit jantung.

Rebung: rebung berkhasiat untuk mengobati penyakit rematik. Untuk penderita asam urat tinggi (penyakit bengkok oada persendian) makan rebung sangat baik. Rebung mengandung vitamin A, C, dan B kompleks. Karena rebung adalah batang muda maka mengandung banyak serat. Hal ini sangat baik bagi pencernaan.

Pada setiap jenis sayuran terdapat bermacam zat pencegahan berbagai jenis penyakit, terutama penyakit kanker yang sangat ditakuti. Sayuran termasuk dalam makanan empat sehat yang dikenal melalui pola makan, empat sehat lima sempurna. Hal ini bahwa kita harus makan sayuran setiap hari. Seperti diketahui sayuran banyak mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai zat pengatur alat-alat tubuh. Zat-zat tersebut juga sangat berperan untuk menjaga kesehatan dan menolak penyakit. jadi, sayuran mengandung antioksida yang berfungsi sebagai proses pencegah penuaan. Antioksida seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, mineral Mn, mineral Zn, serat, karotena, flavonid, klorovil, glutathione, isothiocyanate, dan thiocyanate.

0 Response to "Hidup Sehat Dengan Makan Sayuran"

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Hidup Sehat Dengan Makan Sayuran" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode