Cara Membuat Blog, template blogger, tips and trick, berita, games, software downloads, widgets blog, firman webs

6 Buah Yang Berkhasiat Obat



Buah yang berkhasiat obat adalah buah pada tumbuhan yang mempunyai fungsi sebagai bahan untuk pengobatan dan media penyembuhan pada penyakit. Buah yang berkhasiat obat pada pembahasan kali ini tidak seperti buah-buahan segar yang anda bayangkan. Seperti apakah buah tersebut? Berikut adalah Buah yang berkhasiat obat :

1. Merica
Tanaman merica tumbuh terutama di sumatera, jawa, dan ujung pandang. Kandungan zat yang terdapat didalam buah merica adalah minyak lemak, zat penyamak dan glukosida bunkamarin. Sebagai bahan obat, buah merica sangat baik untuk menyembuhkan disentri dan hemostatika dengan dosis antara 3 – 12 buah.

2. Cabai
Buah cabai bisa dikenal sebagai bumbu atau untuk dimasak. Namun, buah cabai kering yang dilumat halus merupakan bahan campuran obat gosok untuk melawan penyakit encok/rematik, pegal-pegal, dan pencegahan masuk angin. Kandungan zat yang terdapat pada cabai antara lain koprin, vitamin C, zat-zat warna kapsantin, akpsorukin, zeasantin, koiptosantin, lutein dan karoten.

3. Kapulaga
Tanaman kapulaga banyak tumbuh di jawa. Di samping sebagai bahan pewangi dan bumbu, kapulaga juga dimanfaatkan sebagai bahan obat. Kandungan zat yang terdapat pada kapulaga adalah: minyak atsiri, sineol, terpinol, abu atsiri, pati, gula, lemak, zat putih telur, dan silikat.

4. Ketumbar
Tanaman ketumbar banyak tumbuh di sumatera, jawa, bali, lombok dan sulawesi. Zat-zat yang terkandung didalam buah ketumbar adalah minyak, atsiri, minyak lemak dan abu. Buah ketumbar dipergunakan oleh penderita karminativa dengan dosis 0,2 – 1 gram. Pada umumnya penduduk menggunakannya sebagai bumbu penyedap masakan.

5. Kemukus
Tanaman kemukus banyak tumbuh di jawa, kalimantan dan sulawesi. Buah kemukus banyak mengandung zat-zat seperti minyak atsiri, kubebin, zat pahit, asam kubebe, damar kubebe dan abu. Buah kemukus banyak diperluka untuk bahan obat selaput lendir setelah di larutkan halus dengan dosis 0,5 – 4 gram.

6. Lada
a. Lada hitam
Lada hitam berasa lebih pedas dibanding lada putih. Kandungan zat-zat yang terdapat pada buah lada antara lain: minyak atsiri, khavisin, piperin dan lemak. Buah lada hitam berkhasiat untuk mengobati karminativa dengan dosis 300-600 gram.
b. Lada putih
Kandungan zat yang terdapat pada lada putih adalah minyak atsiri. Khasiatnya sama seperti lada hitam dan di gunakan dalam dosis yang sama.

0 Response to "6 Buah Yang Berkhasiat Obat "

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "6 Buah Yang Berkhasiat Obat " ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode