Cara Membuat Blog, template blogger, tips and trick, berita, games, software downloads, widgets blog, firman webs

Berbagi Drives Memberi Akses



Windows XP Professional menyediakan  dua  cara  untuk mengatur  akses  pada  sebuah PC: Melalui sharing dan melalui pengaturan hak akses security pada  folder  dan  file.  Pada dasarnya,  Anda  harus  mengkonfigurasi  sebuah  sharing agar  pengguna  lain  dapat mengaksesnya.  Hanya  saja, cara  aksesnya  dapat diatur dengan  dua  macam  cara  diatas.
Hanya satu sharing/drive:
Agar tidak membingungkan, sebaiknya hanya dibuat satu sharing pada  setiap  drive.  Hak  akses pada folder dan file pada drive diatur  dengan  pembatasan pada  bagian  security.  Namun pada partisi FAT16 dan FAT32 dengan  Windows  XP  hanya dapat dilakukan  konfigurasi sharing  tidak ada tab ‘Security’. Demikian  pula  dengan  drive CD.  Partisi  hard  disk  harus diformat dengan  sistem  file NTFS  agar  hak  akses  dapat diatur dengan cara ini.
Memilih  drive  untuk  sharing:
Sebaiknya  pikirkan  terlebih dulu  drive  mana  yang  akan diakses oleh pengguna jaringan. Untuk drive yang akan di share,  konfigurasikan  sebuah sharing  dengan  mengklik kanan drive dalam Windows Explorer,  lalu  pilih  ‘Sharing and Security’. Untuk melakukan  hal  ini  terlebih  dahulu Anda  harus  login  sebagai Administrator.
Memberi  hak  akses  secara individual: 
Dalam  setting  default, user jaringan hanya memiliki hak baca pada sharing. Mereka  boleh  membuka  file, tetapi  tidak  mengubah  atau menghapusnya. Untuk memberikan hak akses yang lebih rinci pada masing-masing tipe user yang ada pertama-tama Anda berikan  hak  full  access  pada group  ‘Everyone’ pada  bagian permission  di  tab  ‘Sharing’. Setelah  itu  pindahlah  ke  tab ‘Security’. Masukkan nama user dan group yang diinginkan dan tetapkan  secara  rinci  hak-hak akses  untuk  masing-masing user dan group tersebut. Hal ini akan membuat masing-masing file  atau  folder  hanya  dapat diakses  oleh  user  dan  group yang telah ditentukan.

0 Response to "Berbagi Drives Memberi Akses"

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "Berbagi Drives Memberi Akses" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode